Jenis-Jenis Sumur Minyak dan Gas (Migas)

Jenis-Jenis Sumur Minyak dan Gas (Migas) - Untuk mendapatkan minyak bumi atau yang dikenal dengan minyak mentah (crude oil), memerlukan upaya untuk menembus formasi dari permukaan ke dalam lapisan yang terdapat cadangan minyak dan gas.

Jenis-Jenis Sumur Minyak dan Gas (Migas)

Upaya tersebut dapat berhasil jika kita menggunakan peralatan untuk membuat sumur migas. Dalam dunia perminyakan, sumur minyak dan gas (migas) terbagi menjadi tiga macam yaitu:

1. Sumur Eksplorasi (Wildcat) merupakan sumur yang dibor pertama kali untuk menentukan keterdapatan minyak dan gas pada lokasi yang masih baru.

2. Sumur Konfirmasi (Confirmation Well), merupakan sumur yang digunakan untuk memastikan apakah hidrokarbonnya cukup untuk dikembangkan. Sumur ini akan dilakukan pemboran di lokasi sekitar sumur eksplorasi.

3. Sumur Pengembangan (Development Well) merupakan sumur yang dibor pada suatu lapangan minyak yang telah ada. Sumur ini memiliki tujuan untuk mengambil hidrokarbon secara maksimal di lapangan yang telah ada.

Dalam dunia perminyakan, sumur perminyakan juga dikenal dengan beberapa istilah mengenai sumur itu sendiri, yaitu:

1. Sumur Produksi, merupakan sumur yang mampu menghasilkan minyak bumi, gasbumi, maupun keduanya. Dan memiliki aliran fluida dari bawah ke atas.

2. Sumur Injeksi, merupakan sumur yang digunakan untuk menginjeksi fluida tertentu ke dalam formasi dan memiliki aliran fluida dari atas ke bawah.

3. Sumur Vertikal, merupakan sumur yang lurus dan memanjang secara vertikal.

4. Sumur Berarah (Deviated Well, Directional Well), merupakan sumur yang secara geometri tidak memiliki bentuk yang lurus vertikal, melainkan dapat berbentuk S, J, maupun L.

5. Sumur Horizontal, merupakan sumur yang memiliki bagian yang berarah horizontal, dan merupakan bagian dari sumur berarah.
Tulis Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel