Komposisi Kimia Batuan Reservoir

Berikut ini merupakan ulasan lengkap tentang komposisi kimia batuan reservoir yang dapat dibagikan kali ini. Bagi yang ingin tahu komposisi kimia batuan reservoir bisa lihat di bawah ini.

Komposisi Kimia Batuan Reservoir

Batu Pasir


Batupasir (sandstone) merupakan batuan yang paling sering dijumpai di lapangan sebagai batuan reservoir. Batupasir merupakan hasil dari proses sedimentasi mekanik, yaitu berasal dari proses pelapukan dan disintegrasi, yang kemudian tertransportasi serta mengalami proses kompaksi dan pengendapan.

Batuan Karbonat


Batuan karbonat adalah limestone (batugamping), dolomite dan yang bersifat antara keduanya.

Limestone adalah istilah yang biasa dipakai untuk kelompok batuan yang mengandung paling sedikit 80% kalsium karbonat atau magnesium. Pada limestone fraksi disusun terutama oleh mineral kalsit, sedangkan pada dolomite mineral penyusun utamanya adalah mineral dolomite.

Dolomite adalah jenis batuan yang merupakan variasi dari limestone yang mengandung unsur karbonat lebih besar dari 50%, sedangkan untuk batuan-batuan yang mempunyai komposisi pertengahan antara limestone dan dolomite akan mempunyai nama yang bermacam-macam tergantung dari unsur yang dikandungnya.

Untuk batuan yang unsur kalsitnya melebihi dolomite disebut dolomite limestone dan yang unsur dolomite-nya melebihi kalsit disebut dengan limy, calcitic, calciferous atau calcitic dolomite.

Batuan Shale


Batuan shale adalah batuan serpih berbutir halus dengan permeabilitas yang mendekati nol (impermeable). Batuan ini dapat berlaku sebagai batuan reservoir apabila permeabilitasnya besar sebagai akibat perekahan.

Pada umumnya unsur penyusun shale ini terdiri dari lebih kurang 58% silikon dioksida (SiO2), 15% aluminium oksida (Al2O3), 6% besi oksida (FeO) dan Fe2O3, 2% magnesium oksida (MgO), 3% kalsium oksida (CaO), 3% potassium oksida (K2), 1% sodium oksida (Na2) dan 5% air (H2O) dan sisanya adalah oksida metal dan anion.
Tulis Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

www.domainesia.com